Notasi Dasar Pada Musik

Terutama pada hari-hari sebelum perekaman dan pemutaran audio, musik sering ditulis sebagai sarana melestarikan dan mengkomunikasikannya. Untuk melakukan ini, sistem notasi dikembangkan yang memberikan musisi informasi yang mereka butuhkan untuk memainkan musik seperti yang diinginkan komposer.

Berikut adalah daftar topik yang dibahas di halaman ini:

  • Staf
  • Kunci
  • Staf Utama
  • Pengukuran
  • Catatan
  • Catatan yang Ditulis pada Staf
  • Garis Besar
  • Catatan Durasi
  • Catatan Bertitik
  • Beristirahat
  • Terkadang
  • Dasi dan Cercaan
  • Artikulasi
  • Dinamika
  • Mengulangi
  • Tanda Tangan Waktu

Staf

Staf adalah dasar dari musik tertulis. Ini adalah catatan yang disajikan. Ini terdiri dari 5 garis dengan empat ruang di antaranya. Staf sederhana dan tanpa hiasan ditampilkan di bawah ini.

Staf

Kunci

Staf Treble

Ini adalah staf treble. Kunci treble (simbol mewah besar di paling kiri) menunjukkan kepada musisi bahwa stafnya adalah treble. Karena melengkung di sekitar garis G, itu juga disebut kunci G. Staf treble dimulai dengan baris pertama sebagai E. Setiap ruang dan baris berturut-turut adalah huruf berikutnya dalam alfabet musik. Staf berakhir dengan baris terakhir sebagai F. Banyak perangkat mnemonik ada untuk membantu seseorang mengingat garis dan ruang mana. Salah satu ungkapan yang paling umum untuk mengingat nama-nama garis adalah: E sangat G banjir B oy D oes F ine. (Juga populer adalah E lvis ‘ G uitar B roke D sendiri Friday). Untuk mengingat spasi, ingatlah bahwa mereka mengeja FACE mulai dari bawah.

Staf Bass

Ini adalah staf bass (diucapkan ‘base’). Bass clef, juga dikenal sebagai F clef karena mencari garis yang dikenal sebagai F, ada di paling kiri. Bass clef menggunakan alfabet musik yang sama dengan treble, tetapi hurufnya dimulai di tempat yang berbeda. Alih-alih E, garis bawah adalah G, dan surat-surat dilanjutkan secara logis dari sana. Sekali lagi, mnemonik sederhana dapat digunakan untuk mengingat nama-nama catatan. Garis-garis pada celah bass, dari bawah ke atas adalah: G, B, D, F, A ( G ood B oys D on’t F ight A nyone), dan spasinya adalah A, C, E, G ( A ll C mengalir E di G rass).

Beberapa kunci yang lebih jarang.

Ini adalah kunci C. C clef dapat bergerak pada staf, dan pusat simbol selalu di atas C. Tergantung di mana itu, diberi nama yang berbeda. Catatan di samping setiap kunci adalah tengah C. Kunci ini digunakan sangat jarang.

Staf Utama

Staf Utama

Ketika bass dan treble clef digabungkan dan dihubungkan oleh brace (kiri) dan garis, mereka menjadi staf utama. Ini sangat meningkatkan jangkauan nada yang dapat dicatat, dan sering digunakan dalam musik piano, karena jangkauan piano yang luas.

Pengukuran

Mengukur spidol

Garis-garis vertikal pada staf menandai langkah-langkah tersebut. Ukuran digunakan untuk membagi dan mengatur musik. Tanda tangan waktu menentukan berapa banyak ketukan yang bisa diukur. Bilah ganda tebal menandai awal dan akhir sebuah musik. Ukuran kadang-kadang ditandai dengan angka-angka untuk membuat navigasi menjadi lebih mudah. Ukuran pertama adalah ukuran satu, ukuran kedua dua dan seterusnya.

Catatan

Pitch yang berbeda dinamai dengan huruf. Alfabet musik adalah, dalam urutan naik dengan nada, A, B, C, D, E, F dan G. Setelah G, siklus berulang kembali ke A. Setiap baris dan ruang pada staf mewakili nada yang berbeda. Semakin rendah staf, semakin rendah nada not. Catatan diwakili oleh oval kecil pada staf. Tergantung pada kunci (dibahas di bawah), posisi setiap catatan pada staf sesuai dengan nama surat.

Catatan yang Ditulis pada Staf

Catatan tentang staf

Catatan dipusatkan di garis atau di ruang di antara garis. Batang pada catatan di atas garis tengah turun dari kiri catatan. Batang pada catatan di bawah garis tengah menempel di sebelah kanan catatan. Batang pada catatan pada baris biasanya turun kecuali jika catatan yang berdekatan memiliki bendera yang naik. Catatan batang biasanya satu oktaf (delapan garis dan spasi berturut-turut) panjangnya. Ketika dua melodi menempati staf yang sama, batang untuk not dalam satu melodi ditulis dan batang untuk not dalam yang lain ditulis.

Garis Besar

Garis besar di atas dan di bawah staf

Garis besar meluas di atas dan di bawah staf, memungkinkan untuk nada yang lebih tinggi atau lebih rendah untuk ditampilkan daripada yang seharusnya sesuai pada staf. Garis-garis ini mengikuti pola alfabet musik yang sama seperti yang dilakukan staf. Anggap saja sebagai garis dan ruang ekstra di ujung staf.

Batang catatan pada garis besar membentang ke atas atau ke bawah menuju garis tengah.

Catatan Durasi

Semua nada memiliki panjang. Namun, jumlah ketukan yang mereka dapatkan tergantung pada tanda tangan waktu , jadi hanya durasi nada relatif yang akan dibahas di sini.

Hirarki panjang nada

Grafik ini menunjukkan hirarki nilai catatan.

Di bagian atas adalah seluruh catatan (1). Setengah catatan adalah setengah durasi keseluruhan not, jadi seluruh not adalah sepanjang dua not (2). Demikian juga, setengah not sepanjang dua not seperempat (3). Catatan triwulan adalah sepanjang dua catatan kedelapan (4), dan catatan kedelapan sepanjang dua catatan keenam belas (5).

Catatan keenambelas dan ke delapan

Catatan keenam belas (kanan) dan catatan kedelapan (kiri) mungkin juga terlihat seperti ini. Catatan keenam belas dan kedelapan tunggal memiliki bendera, banyak catatan keenam belas dan kedelapan menggabungkan bendera ke bar penghubung.

Catatan keenam belas dikombinasikan dengan catatan ke delapan

Catatan keenambelas dan ke delapan juga bisa digabungkan. kombinasi terlihat seperti gambar ini di sebelah kiri.

Catatan Bertitik

Catatan bertitik setara dengan satu setengah panjang aslinya

Titik di samping catatan menambah durasinya setengah nilai aslinya. Misalnya, setengah not, dalam waktu 4/4, bernilai 2 ketukan. Ketika sebuah titik ditempatkan di sebelah not setengah, durasinya meningkat satu (satu menjadi setengah dari durasi asli dua) dan durasi yang dihasilkan adalah tiga ketukan. Garis lengkung pada gambar di atas adalah dasi . Ikatan menghubungkan catatan yang pitch yang sama bersamaan untuk membuat catatan berkelanjutan.

Beristirahat

Sisa dan catatan setara mereka

Istirahat hanyalah tempat di mana musisi tidak bermain. Sisa memiliki nilai setara dengan catatan durasi yang sesuai. Jadi, ada istirahat penuh, istirahat setengah, istirahat kuartal, dll, seperti catatan normal. Beristirahat selalu terletak di posisi vertikal yang sama.

Terkadang

Kebetulan memodifikasi nada not dengan menambah atau menguranginya setengah langkah. Kebetulan tetap berlaku untuk semua nada dari nada yang sama selama sisa pengukuran. Ketika simbol-simbol yang sama ini muncul di awal musik mereka menentukan tanda tangan kunci .

Rumah Susun dan benda tajam

Flat (sisi kiri gambar) turunkan nada not sebanyak setengah langkah.

Benda tajam (sisi kanan gambar) naikkan nada not sebanyak setengah langkah.

Alam

Alam membatalkan benda tajam atau flat sebelumnya. Nada kembali normal.

Dasi dan Cercaan

Dasi dan cibiran

Dasi dan penghinaan menghubungkan dua atau lebih not bersama. Ikatan menghubungkan nada dari nada yang sama, membentuk satu nada penting. Menghujam dengan lembut menghubungkan nada nada yang berbeda. Ini berarti memainkan not tanpa istirahat. Set catatan pertama di atas menunjukkan dasi. Yang kedua menunjukkan cercaan.

Artikulasi

Staccato

Staccato – Berarti memainkan not sangat singkat dan cocok.

Aksen

Aksen – Berarti untuk memukul nada lebih keras dan lebih keras.

Marcato

Marcato – Hampir kombinasi staccato dan aksen, memberikan suara yang tajam.

mengambil

Tenuto – Pegang catatan untuk nilai penuhnya.

tegang

Sforzando – Aksen tiba-tiba yang kuat.

berhenti

Fermata – Pegang catatan lebih lama, sekitar setengah lagi sepanjang (1,5x), atau sampai dilakukan untuk berhenti.

Dinamika

Pianissimo

Simbol ini adalah pianissimo, artinya bermain dengan sangat lembut.

Piano

Simbol ini piano, artinya bermain dengan lembut.

mezzopiano

Simbol ini adalah piano mezzo, artinya bermain cukup lembut.

Mezzoforte

Simbol ini adalah mezzo forte, artinya bermain cukup keras.

keahlian khusus

Simbol ini forte, artinya bermain dengan keras.

Fortissimo

Simbol ini adalah fortissimo, artinya bermain sangat keras.

Crescendo

Juga disingkat Cresc. atau ditulis sebagai crescendo. Tanda ini adalah tanda crescendo, artinya secara bertahap menjadi lebih keras.

Decresceno

Juga disingkat Decresc. atau ditulis sebagai dekresendo, redup., atau diminuendo. Tanda ini decrescendo, artinya secara bertahap menjadi lebih lembut.

Mengulangi

Mengulangi dan mengakhiri pengulangan

Ini adalah tanda awal dan akhir yang berulang. Ketika Anda mencapai yang kedua, kembali ke yang pertama dan ulangi musik. Ini sering disertai dengan akhiran pertama, kedua dan bahkan ketiga.

Tanda

Ini adalah tanda arah. Itu berarti ‘Del Signo’. Ketika Anda melihat ini di musik, Anda harus pergi ke tanda (di bawah). Penandaan ini juga bisa disertai dengan ‘al coda’ atau ‘al fine’. Ini berarti ‘Pergi ke tanda, dari sana pergi ke coda’ dan ‘Pergi ke tanda, dari sana pergi ke akhir’ masing-masing. Pada dasarnya ini adalah tanda-tanda pengulangan yang besar.

DS Sign

Ini tandanya. Dari sini Anda bermain ke coda atau akhir atau di mana Dal Segno mengarahkan Anda.

Tanda Coda

Ini adalah tanda coda. Ini menandai kapan harus pergi ke akhiran khusus, atau coda. Biasanya Anda tidak akan pergi ke coda sampai setelah DS al coda.

Tanda Tangan Waktu

Tanda tangan waktu (juga disebut tanda tangan meter) memberi tahu musisi berapa detak per ukuran yang ada, dan jenis nada apa yang mengalahkannya.

4/4 Waktu

Angka teratas menentukan berapa banyak ketukan yang ada per ukuran. Angka di bawah menunjukkan jenis nada apa yang mengalahkannya. Dalam contoh ini, 4/4 kali, ada 4 ketukan per ukuran, dan not seperempat (bawah 4) mendapatkan ketukan. Dalam waktu 3/4, not seperempat masih akan mengalahkan, tetapi hanya akan ada 3 ketukan dalam suatu ukuran. Dalam waktu 6/8, not eigth mendapatkan ketukan, dan ada 6 ketukan untuk diukur.

The pulsa (atau meter) adalah mengalahkan mengemudi dalam musik yang kita berbaris, nuansa, tari, bertepuk dan perilaku untuk. Pertama, temukan ketukan yang tampaknya paling kuat, kemudian cobalah mengikutinya. Akhirnya Anda harus dapat menyadap bersama dengan musik, dan Anda akan menemukan denyut nadi. Dengarkan garis bass dan bagian ritme, seperti yang sering mereka mainkan dengan denyut nadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *