Jenis Jenis Gaya Musik Terpopuler

Jenis Jenis Gaya Musik Terpopuler
  • Gaya Baroque

Untuk waktu itu, Baroque gila dan tanpa hambatan. Musik periode ini emosional dan dipenuhi dengan embel-embel kecil dan dekorasi yang mengejutkan dan membuat kagum pendengarnya. Barok sering serba cepat dengan penggunaan skala yang besar dan cepat serta perubahan volume dan melodi yang keras. Hari ini Anda mungkin tidak menganggapnya sebagai jenis musik yang mengasyikkan, tetapi jika Anda membandingkannya dengan gaya Klasik, Anda dapat segera mengetahui bahwa barok memang memiliki lebih banyak aksi dalam karya-karyanya. Ada yang mengatakan komposer terhebat sepanjang masa menulis dalam periode ini: Johann Bach.

  • Gaya Klasik

Kami berharap kami dapat menemukan ini sendiri, tetapi sebuah buku yang kami teliti (Musik Klasik untuk Semua Orang) memiliki kutipan yang sempurna untuk menjelaskan seperti apa musik gaya Klasik, dan kami ingin mencetaknya kembali di sini:
“… ada musik di mana pun ada harmoni, keteraturan atau proporsi.”
—Sir Thomas Bown
Seni dan budaya Yunani kuno selalu dicintai dan ditiru oleh seniman Eropa. Ini sangat jelas dalam gaya Klasik (karena itu namanya). Pendekatan matematika untuk musik Pythagorus dan Aristoteles didahulukan pada periode ini. Itu adalah tujuan dari komposer Klasik untuk mencapai musik “sempurna”. Yaitu, musik yang sepenuhnya sempurna dari sudut pandang teknis. Pembatasan ini menyebabkan musik yang sangat konservatif, kuat tetapi tidak terlalu emosional. Ini adalah bagaimana sebagian besar musik gaya Klasik berjalan dan bagaimana komposer menyusunnya (dengan pengecualian Beethoven). Jangan salah paham tentang ini; musik yang diberikan Mozart kepada kami indah dan mengharukan, dan ia adalah seorang komposer Klasik yang lahir dan besar. Konservatif bukan berarti membosankan. Ada banyak contoh gaya Klasik yang terkenal,

  • Gaya Romantis

Ini adalah kebalikan dari gaya musik Klasik; Musik romantis penuh dengan emosi dan tidak mempedulikan aturan Klasik. Dikatakan bahwa Beethoven hampir sendirian bertanggung jawab untuk transisi dari gaya Klasik ke Romantis. Beethoven menjembatani kesenjangan dengan menanamkan karya-karyanya kemudian dengan banyak emosi, namun tetap dalam batas Klasik. Segera emosi melampaui batas Klasik dan Romantisisme lahir. Ada banyak komposer hebat di era ini, termasuk Carl Maria von Weber, Fredric Chopin, Hector Berlioz, dan Johannes Brahms. Musik romantis menciptakan dua gerakan kecil dalam musik: musik tentang legenda, dan musik nasionalistik.

  • Musik Tentang Legenda

Bercerita adalah dan merupakan arahan utama banyak musisi. Musik selalu menjadi media untuk menggambarkan legenda dan mitos. Dalam musik Romantis ini tidak berbeda. Ada banyak komposisi yang menceritakan kisah para pahlawan (seperti Raja Arthur) dan setan (terutama Mephistopheles). Ini hanya hasil logis dari penyanyi folk dan pengembara yang telah tampil sejak zaman Beowulf. Wagner menulis banyak karya berdasarkan cerita atau mitos. “Ride of the Valkyries” yang terkenal itu adalah contoh yang bagus.

  • Musik Nasionalistis

Nasionalisme telah menjadi kegemaran yang tumbuh setelah jatuhnya Napoleon dan penyatuan Jerman, dan nasionalisme yang menyebabkan Perang Dunia I ini juga menyebabkan beberapa musik yang paling menginspirasi di luar sana. Komposer seperti Bedrich Smetana dan Jan Sibelius menulis musik yang indah untuk memuji tanah air mereka. Bahkan, Jan Sibelius dianggap sebagai pahlawan nasional bagi rakyat Finlandia. Tetapi jika akan ada lambang musik nasionalistik itu akan menjadi Peter Tchaikovsky, yang musiknya tentang Rusia menentukan gaya penulisan suatu negara selama hampir satu abad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *